Kamis, 07 April 2011

jasa seorang pekerja seks komersil (PSK) yang masih di bawah umur


Pengadilan di Kota Milan hari ini membuka sidang kasus asusila yang menjerat Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi. Dia dituduh menggunakan jasa seorang pekerja seks komersil (PSK) yang masih di bawah umur beberapa waktu lalu.
Menurut kantor berita Associated Press, Berlusconi tidak hadir pada sidang perdana itu dengan alasan sedang rapat membahas krisis Libya bersama para menteri.
Seperti dikutip dari stasiun berita CNN, sidang perdana itu hanya berlangsung sekitar 10 menit. Hakim kemudian menskors sidang  hingga 31 Mei 2011.

Stasiun berita Deutsche Welle mengungkapkan bahwa tim penuntut  juga menuduh Berlusconi menyalahgunakan jabatan saat mencampuri penyelidikan polisi atas PSK itu, yang bernama Karima El Mahroug, atas kasus lain.
PSK keturunan Maroko itu sempat ditangkap polisi atas kasus pencurian. Dia akhirnya dilepas polisi, namun hal itu diduga akibat campur tangan Berlusconi.
Menurut laporan yang dikutip harian The Telegraph, mereka dicurigai berhubungan antara September 2009 hingga Mei 2010, di kediaman pribadi Berlusconi di Milan.
Menurut laporan tim penuntut, ketika kali pertama berhubungan intim dengan Berlusconi, Karima masih berusia 16 tahun atau tergolong di bawah umur. 

Kalangan media, seperti dikutip kantor berita Xinhua, menilai bahwa sidang pengadilan atas kasus itu mirip dengan pertunjukkan drama.
Para wartawan juru foto sejak Selasa kemarin sudah berkerumun di depan gedung pengadilan. Selain itu, Berlusconi sudah meminta aktor Hollywood, George Clooney, dan pacarnya yang merupakan aktris asal Italia, Elisabetta Canalis, menjadi saksi yang meringankan.

Para anggota parlemen yang pro Berlusconi Selasa kemarin berhasil membuat kesepakatan untuk mempertanyakan yurisdiksi pengadilan di Milan. Menurut argumen mereka, Berlusconi adalah pejabat tinggi sehingga harus diadili di Pengadilan Khusus Pejabat, apalagi tuduhan pada kasus asusila itu menyangkut penyalahgunaan jabatan.

Maka, parlemen meminta Mahkamah Konstitusi untuk mempertimbangkan isu yurisdiksi itu. Namun, keputusan Mahkamah bisa memakan waktu berbulan-bulan sehingga sidang pengadilan di Milan atas kasus asusila Berlusconi tetap bisa berlanjut.

Selain kasus asusila, Berlusconi juga tengah direpotkan oleh dua kasus lain, yaitu penggelapan pajak dan penyuapan. Konglomerat itu sebenarnya sudah berkali-kali dijerat masalah hukum. Sejak 1994, Berlusconi menghadapi sedikitnya 17 tuduhan pidana dan perdata.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites